Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Rancangan Media dan Bahan Ajar
Tematik Kelas 2 Semester II
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah praktik mengajar IPA
Dosen pengampu Fine Refiane, S.Pd., M.Pd.
Rencana pelaksanaan pembelajaran
Satuan pendidikan : SDN
Dukutalid 01
Kelas / semester : 2 (
dua ) / II ( dua )
Tema :
lingkungan sekitar
Alokasi waktu : 20
menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
v IPA
3. Mengenal berbagai sumbar energi yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan kegunaannya
v IPS
2.
Memahami
kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
B. KOMPETENSI DASAR
v IPA
3.1
Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik dan cahaya ) yang
ada di lingkungan sekitar.
v IPS
2.2
Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
C. INDIKATOR
v IPA
·
menunjukkan
sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·
memahami kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
·
Memperagakan
cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya
tidak menatap matahari secara langsung
v IPS
·
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Menceritakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
v IPA
1.
Melalui gambar alat alat rumah tangga Siswa dapat menunjukan sumber panas, bunyi
dan cahaya
dengan tepat.
2.
Melalui pengamatan sinar matahari Siswa dapat memahami kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari dengan benar.
·
Melalui praktik langsung Siswa dapat Memperagakan cara yang aman untuk menghindari
pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya tidak menatap matahari secara
langsung dengan benar.
v IPS
1.
Melalui tanya jawab Siswa dapat mengungkapkan
pengalaman diri sendiri dan keluarga dengan baik.
2.
Melalui Siswa dapat menceritakan peran tentang diri sendiri serta
keluarga dengan baik.
E.
MATERI AJAR
v IPA
Sumber Energi Di
Lingkungan Sekitar
v IPS
Kedudukan Dan Peran Anggota Keluarga
F.
METODE PEMBELAJARAN
a.
Model pembelajaran : CTL ( Contextual teaching learning )
b.
Metode pembelajaran : diskusi, tanya jawab, permainan.
G.
ALOKASI WAKTU
1 X Pertemuan ( 20 MENIT )
H.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan pendahuluan ( 3 menit )
a.
Siswa dan Guru mengawali prmbelajaran dengan memberi salam, berdoa, absen dan mengecek
kesiapan siswa mengikuti pembelajaran. Menyanyikan lagu “ bangun tidur
“. ( religius dan disiplin )
b.
Guru memberikan
apersepsi berupa :
Motivasi : guru meminta salah seorang
siswa untuk maju kedepan kelas
menceritakan pengalamanya dari bangun tidur hingga berada di sekolah.
(Disiplin)
Pengetahuan prasyarat : kapan matahari terbit ?
dari arah mana matahari terbit ?
(
rasa ingin tahu)
c.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi. ( disiplin )
2.
Kegiatan inti
( 15 menit )
a.
Eksplorasi
1)
Siswa
mengamati gambar macam macam aktifitas yang biasa dilakukan dirumah serta
gambar alat rumah tangga yang menggunakan energi panas, bunyi dan cahaya. Siswa
dan guru bertanya jawab seputar tayangan tersebut. ( rasa ingin tahu )
2)
Siswa
membentuk kelompok dengan melakukan permainan “temukan aku” Setiap siswa
mendapat kartu ajaib dengan mencari pasangan jawaban dari kartu yang diterima.
Jawaban yang cocok berarti menjadi pasanganya.
Contoh : kartu hijau pertanyaan “ ibu memasak dengan....”
Kartu merah jawaban “ kompor “
b.
Elaborasi
1)
Siswa secara
berpasangan mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. (Rasa ingin tahu dan
disiplin )
2)
Siswa
terlibat aktif dalam diskusi tentang aktifitas yang dilakukan untuk menghindari
cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia dan makhluk hidup
lainnya. ( kerja keras )
3)
Kelompok yang
sudah selesai mengumpulkan tugasnya kepada guru. Kelompok yang menyelesaikan
tugasnya lebih dahulu dan dengan benar maka mendapat bintang terbanyak. (
mengharga prestasi )
4)
Siswa dan
guru membahas tugas yang dikerjakan oleh siswa dan memotivasi siswa untuk cara
aman menghindari panas matahari. ( rasa ingin tahu )
c.
Konfirmasi
1)
Kelompok yang
mendapat bintang terbanyak mendapat reward dari guru. ( menghargai prestasi )
2)
Siswa dan
guru menyimpulkan materi pembelajaran pada hari ini mengenai kebiasaan yang
baik dalam pemanfaatan energi yang ada di lingkungan sekitar.
3.
Kegiatan
akhir
a.
Guru
mengadakan tes lisan mengenai peran anggota keluarga dan kegunaan matahari
b.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk menuliskan 10 hal yang bisa dikerjakan ( di
rumah, di sekolah dan di jalan ) untuk menghemat energi dan dikumpuklan minggu
depan.
c.
Guru menutup
pelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam.
I.
SUMBER DAN ALAT
1. Sumber
·
Suranto, Tri
Jaya. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 2 :
untuk SD dan MI kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
·
Purwati, sri.
2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 2 : untuk
SD dan MI kelas II. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional.
2.
Alat
Alat alat rumahtangga,
gambar macam – macam aktifitas.
J.
Penilaian
1.
Teknik
penilaian : tes lisan dan tes
tulis
2.
Bentuk
instrumen : kuis, pilihan ganda dan
isian
3.
Contoh
instrumen :
Penilaian kelompok
ayo
pilihlah kata dari kotak di bawah
Kunci jawaban
1. Matahari, payung
2. Kacamata hitam, silau, topi
3. Menjemur, mengeringkan ikan, caping.
Penilaian
No
|
Nama siswa
|
perfoman
|
ketepatan
|
Jumlah skor
|
nilai
|
|
Kerjasama
|
partisipasi
|
|||||
1
2
3
dst
|
|
|
|
|
|
|
Rubik penilaian
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
skor
|
1
|
Kerjasama
|
-
Pembagian
kerja yang adil
-
Pembagian
kerja tidak berjalan
-
Tidak ada
pembagian kerja
|
3
2
1
|
2
|
Partisipasi
|
-
Mengutarakan
pendapat
-
Bertanya
dan menjawab
-
Tidak
pernah
|
3
2
1
|
3
|
Hasil
|
-
Benar dan
tepat
-
Benar dan
kurang tepat
-
Salah tidak mengumpulkan
|
3
2
1
|
Penilaian individu
IPA
1.
benda
itu menghasilkan ... .
a
panas
b
api
c
cahaya
2.
benda
itu untuk ...
a
menghaluskan baju
b
memasak nasi
c
memutar musik
3.
lampu senter menghasilkan ...
a
bunyi
b
api
c
cahaya
4.
kipas angin menghasilkan energi ...
a
panas
b
cahaya
c
gerak
5.
berbagai alat musik adalah sumber energi ...
a
bunyi
b
panas
c
gerak
6.
matahari adalah sumber energi ...
a
bunyi dan gerak
b
panas dan cahaya
c
cahaya dan bunyi
7.
matahari terbit kira kira pukul ...
a
05.30 b 09.00 c 12.00
8.
matahari terbit di sebelah ...
a
timur
b
barat
c
utara
9.
saat matahari di atas kepala adalah ...
a
pagi hari
b
tengah hari
c
sore hari
10.
matahari pagi sumber vitamin ...
a B
b D
c C
IPS
I.
Pilihlah jawaban yang benar!
1. Setiap anggota keluarga memiliki
kedudukan dan ....
a. Pekerjaan b. Peran c.
profesi
2. Tugas utama ayah adalah ....
a. mengurus rumah b. belajar c. mencari
nafkah
3. Kewajiban ibu adalah mengurus ....
a. rumah tangga b. orang lain c.
tetangga
4. Gambar di samping menunjukkan anak yang ....
a. membantu orang tua
b. Bermain
c. Berenang
5. Sekarang ini banyak ibu yang ... di
luar rumah.
a. Bermain b. bekerja c.
memasak
6. Di bawah ini bukan tugas seorang anak,
yaitu ....
a. rajin belajar
b. membantu orang tua
c. main bola
7. Pembantu rumah tangga termasuk ....
a. anggota keluarga b. tetangga c. orang lain
8. Gambar di samping
menunjukkan seorang ....
a.
Pilot
b.
Dokter
c.
Guru
d.
9. Gambar di samping menunjukkan seorang ....
a. perawat
b. dokter
c. guru
10. Membereskan tempat tidur adalah tugas
....
a. Ayah b.
ibu c. Anak
Kunci jawaban
IPA
1.
a. Panas
2.
b. memasak nasi
3.
c. Cahaya
4.
c. Gerak
5.
a. Bunyi
6.
b. panas dan cahaya
7.
a. 05.30
8.
a. Timur
9.
b. tengah
10. b. D
|
IPS
1.
b. peran
2.
c. Mencari nafkah
3.
a. Mengurus rumah tangga
4.
a. Membantu orang tua
5.
b. bekerja
6.
b. membantu orang tua
7.
b. anggota keluarga
8.
c. Guru
9.
a. perawat
10. c. Anak
|
Penilaian
IPA = @soal poin 1
Betul semua skor 10
IPS = @ soal poin 1
Betul semua skor 10
Mengetahui.
Dosen pengampu
Fine Reffine, S.Pd., M.Pd.
|
Praktikan
Dwi Anggraeni
Npm 10120002
|
PENGEMBANGAN PENILAIAN
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN
|
v IPA
3.1
Mengidentifikasikan sumber-sunber energi (panas, listrik dan cahaya ) yang ada di lingkungan sekitar.
|
v IPA
·
menunjukkan
sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·
memahami
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
·
Memperagakan
cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari misalnya
tidak menatap matahari secara langsung
|
TES LISAN
TES TULIS
|
KUIS, PILIHAN GANDA
|
1.sebutkan
sumber – sumber energi ?
2.sebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari hari ?
3.sebutkan cara yang aman untuk menghindari pengaruh panas
dan cahaya matahari ?
|
v IPS
2.3
Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
|
v IPS
·
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Menceritakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
|
Tes lisan tes tulis
|
Kuis, pilihan ganda
|
Ceritakan pengalamanmu di rumah ?
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar