RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun guna memenuhi tugas Mata
Kuliah Strategi Belajar Mengajar
Disusun oleh:
Dwi Anggraeni (10120002)
3A PGSD
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
IKIP
PGRI SEMARANG
2011
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SD Dukutalid 1
Kelas/Semester : V (Lima) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
A.
Standar Kompetensi
3. Mengidentifikasi
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
B.
Kompetensi Dasar
3.2
Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk
mempertahankan diri.
C.
Indikator
1.
Mendeskripsikan ciri khusus pada
beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau
daun yang tajam.
2.
Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan
dengan tempat hidupnya.
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui
tanya jawab siswa dapat menyebutkan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk
melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.
2.
Melalui
diskusi siswa dapat mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan
dengan tempat hidupnya.
3.
Siswa
diharapkan memiliki karakter dan
kepribadian : Bersahabat, Bertanggung jawab, Cinta damai, Demokratis, Keberanian, Kerja keras
Kerjasama,
Komunikatif,
Kreatif,
Peduli Lingkungan,
Percaya diri,
Rasa ingin tahu,
Religius
dan Toleransi.
E.
Materi Ajar
Penyesuaian diri Tumbuhan dengan
Lingkungannya
F.
Alokasi Waktu
1 x 35 menit.
G.
Metode
Diskusi kelompok, ceramah dan tanya jawab.
H.
Kegiatan Pembelajaran
1. Pendahuluan
a.
Membuka
Pelajaran (mengucapkan salam, berdo’a, absensi dan pemberian motivasi agar
semangat belajar ). {religious, disiplin, kebersamaan }
b.
Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang berkaitan dengan
materi
Penyesuaian diri Tumbuhan dengan Lingkungannya. { mandiri, keberanian, rasa ingin tahu }
Contoh: - Siapa
yang pernah melihat tumbuhan kaktus?
- Siapa yang tahu, tumbuhan kaktus hidup dimana ?
-
Siapa yang tahu bagaimana cara penyesuaian diri tumbuhan kaktus?
c.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi sesuai silabus.
2.
Inti
a.
Eksplorasi
:
1.
Guru menampilkan gambar
Tumbuhan
Kaktus dan pohon Jati
pada slide proyektor. { rasa ingin tahu }
2.
Siswa bersama guru mengamati gambar tersebut.
3.
Guru
melakukan tanya jawab dengan
siswa mengenai cara beradaptasi tumbuhan. { bersahabat / komunikatif }
b.
Elaborasi
:
1.
Guru
menerangkan mengenai bagaimana tumbuhan beradaptasi dengan lingkunganya.
2.
Setiap
siswa membentuk kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 2 anggota dan
saling berhadapan.
3.
Anak
pertama yang duduk di sebelah kiri namanya ulat dan anak kedua yang duduk disebelah kanan namanya belalang. Setiap
anak diberi sebuah amlop. Amplop tersebut isinya tulisan ”senyum” dan ”lembar kerja” untuk didiskusikan bersama. { kerja keras, toleransi, kebersamaan, saling berbagi}
4.
Setiap kelompok mendiskusikan mengenai ciri khas setiap
tumbuhan yang
di bawa untuk di analisis ( enceng gondok,
kaktus,
kangkung) dan menuliskan
di lembar kerja yang telah dibagikan oleh guru. { kerja keras, kekompakan }
5.
Setelah
waktu untuk mengerjakan habis, semua lembar kerja tugas harus diserahkan kepada
guru. { tanggung jawab }
6.
Guru
meminta salah satu siswa untuk mengambil lembar kerja yang sudah dikumpulkan
dan dibacakan didepan kelas utuk dibahas bersama-sama dengan guru. { mandiri }
7.
Guru
melanjutkan menerangkan mengenai adaptasi tumbuhan
dengan lingkunganya.
c.
Konfirmasi
:
1.
Guru
memberikan penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
2.
Guru
memberikan penguatan dan penegasan tentang materi yang telah
dipelajari.
3.
Guru
memberikan motifasi pada semua siswa.
3.
Penutup
a.
Guru
memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas pada siswa untuk mempelajari
materi selanjutnya.
b.
Menutup
pelajaran.
I.
Penilaian Hasil Belajar
A. Penilaian
1.
Aspek yang dinilai
a.
Aspek afektif (sikap)
Komponen
yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama, keaktifan, kemampuan
mengomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian
dilakukan saat siswa melakukan kegiatan (praktikum), berdiskusi, dan melaporkan
hasil kegiatan.
b.
Aspek psikomotorik
Komponen
yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan
peralatan. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan (praktikum).
c.
Aspek kognitif
Komponen
yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru dan
menjawab soal-soal tertulis.
Penilaian Kelompok
Prosedur : Proses Test
Jenis test :
Tertulis
dan Lisan
Bentuk test : Uraian
Soal Diskusi :
1.
Di antara tumbuhan yang
kalian amati, tumbuhan manakah yang memiliki tempat hidup yang serupa?
2.
Tumbuhan apa yang memiliki
tempat hidup yang berbeda?
3.
Adakah kesamaan bentuk
daun pada tumbuhan yang tempat hidupnya serupa?
4.
Keuntungan apa yang
diperoleh tumbuhan kaktus dengan daun yang dimilikinya?
Kunci :
1.
Tumbuhan yang memiliki tempat hidup serupa
adalah enceng gondok dan kangkung
2.
Tumbuhan yang memiliki tempat hidup
berbeda adalah enceng gondok dan kaktus, kangkung dan kaktus
3.
Tumbuhan enceng gondok dan kangkung
mempunyai daun yang luas dan tebal.
4.
Dapat berfungsi
untuk mengurangi penguapan air, batangnya tebal berair dan berlapis lilin yang
berfungsi untuk menyimpan cadangan air, akarnya yang panjang untuk mencari air.
5.
Tehnik Penilaian
No.
|
Aspek
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggungjawab
|
|
|
|
|
3.
|
Hasil Diskusi
|
|
|
|
|
4.
|
Kerapian
|
|
|
|
|
Total
Nilai
|
|
Keterangan
:
1 = Kurang
|
2 = Sedang
|
3 = Baik
|
4 = Istimewa
|
Penilaiaan
Individu
·
Prosedur :
Post test
·
Tes tertulis : soal-soal dalam latihan soal dan ulangan harian.
·
Portofolio : laporan tertulis dari kegiatan dan diskusi.
Soal:
Jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut dengan tepat!
1. Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan
lingkungannya disebut...
2. Duri yang terdapat pada tanaman kaktus berfungsi untuk ...
3. Pohon jati melindungi diri dari kekurangan air pada musim
kemarau dengan cara ...
4. Jelaskan mengapa pada musim kemarau, beberapa jenis tumbuhan
menggugurkan daunnya ?
5.
Sebutkan tiga ciri
tumbuhan yang hidup di air ?
Kunci:
1. Adaptasi
2. Mengurangi penguapan
3. Menggugurkan daunya
4. Pengguguran daun ini bertujuan agar tidak terjadi penguapan yang
berlebihan yang dapat menyebabkan tumbuhan kekurangan air dan mati
5. Ciri – ciri tumbuhan yang hidup di air
·
memiliki daun yang
berbentuk lebar dan tipis. Bentuk daun seperti ini mengakibatkan penguapan air
terjadi dengan mudah.
·
batangnya yang
berongga-rongga memungkinkan teratai dapat bernapas walaupun akar dan batangnya
berada di dalam air.
Teknik Penilaian:
Nilai
Individu.
No.
|
Nomer Soal
|
Nilai
|
1.
|
1
|
20
|
2.
|
2
|
20
|
3.
|
3
|
20
|
4
|
4
|
20
|
5
|
5
|
20
|
Jumlah Nilai
|
100
|
J. Sumber Belajar
- Alat peraga
/ media:
Power point, Gambar macam – macam tumbuhan, tumbuhan
(kaktus, enceng gondok, kangkung) .
2. Sumber :
-
Buku Pengetahuan Alam 5 untuk Kelas V SD Penerbit Erlangga.
-
Sulistiyanto, Heri dan
Edy Wiyono. 2008. Buku
IPA BSE untuk SD kelas V . Jakarta
: Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional,
Mengetahui, Semarang,
Oktober 2011
Kepala
Sekolah Guru
Kelas V,
Muhammad Nur Arifin,
S.Pd. Dwi Anggraeni
Rival casino, slot machines near me - Dr.D.C.
BalasHapusRival casino, slot machines near me. Rival casino, 전라남도 출장안마 slot machines near me. $13,000,000. 제주 출장안마 0.3%. Open now, no 거제 출장마사지 sign-up or request 동해 출장샵 a quote 화성 출장샵 for this