Rabu, 19 Desember 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar


logo IKIP.jpg





Disusun oleh:
Dwi Anggraeni (10120002)
                   3A PGSD



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI SEMARANG
 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Satuan Pendidikan      : SD Dukutalid 1
Kelas/Semester            : V (Lima) / 1 (Satu)
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Jumlah Pertemuan       : 1 x pertemuan

A.  Standar Kompetensi
3.      Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.

B.   Kompetensi Dasar
3.2 Mengidentifikasi penyesuaian diri tumbuhan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan diri.
C.   Indikator
1.    Mendeskripsikan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.
2.    Mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dengan tempat hidupnya.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan ciri khusus pada beberapa tumbuhan untuk melindungi dirinya, misalnya memiliki racun, duri, atau daun yang tajam.
2.      Melalui diskusi siswa dapat mengaitkan antara ciri khusus tumbuhan dengan tempat hidupnya.
3.      Siswa diharapkan  memiliki karakter dan kepribadian : Bersahabat, Bertanggung jawab, Cinta damai, Demokratis, Keberanian, Kerja keras Kerjasama, Komunikatif, Kreatif, Peduli Lingkungan, Percaya diri, Rasa ingin tahu, Religius dan  Toleransi.

E.   Materi Ajar
Penyesuaian diri Tumbuhan dengan Lingkungannya
F.   Alokasi Waktu
1 x 35 menit.
G.  Metode
Diskusi kelompok, ceramah dan tanya jawab.
H.  Kegiatan Pembelajaran
1.    Pendahuluan
a.       Membuka Pelajaran (mengucapkan salam, berdo’a, absensi dan pemberian motivasi agar semangat belajar ). {religious, disiplin, kebersamaan }
b.      Melakukan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan tentang materi yang berkaitan dengan materi Penyesuaian diri Tumbuhan dengan Lingkungannya. { mandiri,  keberanian, rasa ingin tahu }
Contoh:  - Siapa yang pernah melihat tumbuhan kaktus?
- Siapa yang tahu, tumbuhan kaktus hidup dimana ?
- Siapa yang tahu bagaimana cara penyesuaian diri tumbuhan kaktus?
c.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan cakupan materi sesuai silabus.

2.    Inti
a.       Eksplorasi :
1.      Guru menampilkan gambar Tumbuhan Kaktus dan pohon Jati pada slide proyektor. { rasa ingin tahu }
2.      Siswa bersama guru mengamati gambar tersebut.
3.      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai cara beradaptasi tumbuhan. { bersahabat / komunikatif }
b.      Elaborasi :
1.      Guru menerangkan mengenai bagaimana tumbuhan beradaptasi dengan lingkunganya.
2.      Setiap siswa membentuk kelompok dengan setiap kelompok terdiri dari 2 anggota dan saling berhadapan.
3.      Anak pertama yang duduk di sebelah kiri namanya ulat dan anak kedua  yang duduk disebelah kanan namanya belalang. Setiap anak diberi sebuah amlop. Amplop tersebut isinya tulisan ”senyum” dan ”lembar kerja” untuk didiskusikan bersama. { kerja keras, toleransi, kebersamaan, saling berbagi}
4.      Setiap kelompok mendiskusikan mengenai ciri khas setiap tumbuhan yang di bawa untuk di analisis ( enceng gondok, kaktus, kangkung) dan menuliskan di lembar kerja yang telah dibagikan oleh guru. { kerja keras, kekompakan }
5.      Setelah waktu untuk mengerjakan habis, semua lembar kerja tugas harus diserahkan kepada guru. { tanggung jawab }
6.      Guru meminta salah satu siswa untuk mengambil lembar kerja yang sudah dikumpulkan dan dibacakan didepan kelas utuk dibahas bersama-sama dengan guru. { mandiri }
7.      Guru melanjutkan menerangkan mengenai adaptasi tumbuhan dengan lingkunganya.
c.       Konfirmasi :
1.      Guru memberikan penilaian terhadap hasil diskusi kelompok.
2.      Guru memberikan penguatan dan penegasan tentang materi yang telah dipelajari.
3.      Guru memberikan motifasi pada semua siswa.

3.    Penutup
a.       Guru memberikan tindak lanjut dengan memberikan tugas pada siswa untuk mempelajari materi selanjutnya.
b.      Menutup pelajaran.

I.    Penilaian Hasil Belajar
A.  Penilaian
1. Aspek yang dinilai
a.       Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerja sama, keaktifan, kemampuan mengomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan kegiatan (praktikum), berdiskusi, dan melaporkan hasil kegiatan.
b.      Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan (praktikum).
c.       Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru dan menjawab soal-soal tertulis.




Penilaian Kelompok
Prosedur     : Proses Test
Jenis test     : Tertulis dan Lisan
Bentuk test : Uraian

Soal Diskusi :
1.      Di antara tumbuhan yang kalian amati, tumbuhan manakah yang memiliki tempat hidup yang serupa?
2.      Tumbuhan apa yang memiliki tempat hidup yang berbeda?
3.      Adakah kesamaan bentuk daun pada tumbuhan yang tempat hidupnya serupa?     
4.      Keuntungan apa yang diperoleh tumbuhan kaktus dengan daun yang dimilikinya?

Kunci :
1.      Tumbuhan yang memiliki tempat hidup serupa adalah enceng gondok dan kangkung
2.      Tumbuhan yang memiliki tempat hidup berbeda adalah enceng gondok dan kaktus, kangkung dan kaktus
3.      Tumbuhan enceng gondok dan kangkung mempunyai daun yang luas dan tebal.
4.      Dapat berfungsi untuk mengurangi penguapan air, batangnya tebal berair dan berlapis lilin yang berfungsi untuk menyimpan cadangan air, akarnya yang panjang untuk mencari air.
5.       Tehnik Penilaian
No.
Aspek Penilaian
1
2
3
4
1.
Kerjasama




2.
Tanggungjawab




3.
Hasil Diskusi




4.
Kerapian




Total Nilai

Keterangan :
1 = Kurang
2 = Sedang
3 = Baik
4 = Istimewa


Penilaiaan Individu
·         Prosedur                      : Post test
·         Tes tertulis                   : soal-soal dalam latihan soal dan ulangan harian.
·         Portofolio                    : laporan tertulis dari kegiatan dan diskusi.

Soal:
            Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
1.      Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya disebut...
2.      Duri yang terdapat pada tanaman kaktus berfungsi untuk ...
3.      Pohon jati melindungi diri dari kekurangan air pada musim kemarau dengan cara ...
4.      Jelaskan mengapa pada musim kemarau, beberapa jenis tumbuhan menggugurkan daunnya ?
5.      Sebutkan tiga ciri tumbuhan yang hidup di air ?
Kunci:
1.   Adaptasi
2.   Mengurangi penguapan
3.   Menggugurkan daunya
4.   Pengguguran daun ini bertujuan agar tidak terjadi penguapan yang berlebihan yang dapat menyebabkan tumbuhan kekurangan air dan mati
5.   Ciri – ciri tumbuhan yang hidup di air
·         memiliki daun yang berbentuk lebar dan tipis. Bentuk daun seperti ini mengakibatkan penguapan air terjadi dengan mudah.
·         batangnya yang berongga-rongga memungkinkan teratai dapat bernapas walaupun akar dan batangnya berada di dalam air.


Teknik Penilaian:
Nilai Individu.
No.
Nomer Soal
Nilai
1.
1
20
2.
2
20
3.
3
20
4
4
20
5
5
20
Jumlah Nilai
100

J. Sumber Belajar
  1. Alat peraga / media:
Power point, Gambar macam – macam tumbuhan, tumbuhan (kaktus, enceng gondok, kangkung) .
      2.      Sumber :
-          Buku Pengetahuan Alam 5 untuk Kelas V SD Penerbit Erlangga.
-          Sulistiyanto, Heri dan  Edy Wiyono. 2008. Buku IPA BSE untuk SD kelas V . Jakarta : Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,

            Mengetahui,                                                                Semarang,    Oktober 2011
         Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas V,


     Muhammad Nur Arifin, S.Pd.                                                       Dwi Anggraeni

1 komentar:

  1. Rival casino, slot machines near me - Dr.D.C.
    Rival casino, slot machines near me. Rival casino, 전라남도 출장안마 slot machines near me. $13,000,000. 제주 출장안마 0.3%. Open now, no 거제 출장마사지 sign-up or request 동해 출장샵 a quote 화성 출장샵 for this

    BalasHapus